21 Sep 2013

Putar Otak dengan Karikatur

,
Siapa tidak kenal  karikatur yang gambar manusia dengan bagian kepalanya besar. Karikatur adalah salah satu bentuk karya seni yang menuntut kita untuk memutar sedikit otak untuk berkreasi membuatnya.

Menurut Wikipedia "Karikatur adalah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Kata karikatur berasal dari kata Italia caricare yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan. Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk menimbulkan kelucuan bagi pihak yang mengenal subjek tersebut. Karikatur dibedakan dari kartun karena karikatur tidak membentuk cerita sebagaimana kartun, namun karikatur dapat menjadi unsur dalam kartun, misalnya dalam kartun editorial. Orang yang membuat karikatur disebut sebagai karikaturis."

Saya lebih menyukai membuat karikatur dari pada membuat WPAP, sama-sama memang menggunakan teknik tracing. WPAP memang lumayan susah karena kita harus dibekali sedikit pengetahuan tentang teori warna dan tentunya skill penggunaan tools yang harus selalu diasah terus. Membuat Karikatur menurutku lebih mengasyikkan karena bagian kepalanya saja yang menggunakan teknik tracing, selain dari itu kita dituntut untuk memutar otak untuk sedikit berkreasi.

Membuat karikatur biasanya kita ambil foto seseorang, terus tracing saja bagian kepalanya saja. Selanjutnya lihat bagian-bagian wajah yang memiliki ciri khas mulai dari mata, hidung, mulut, dagu, telinga dan lain-lain yang nantinya akan ditonjolkan. Sehabis bagian kepala kita buat , kita buat bagian lainnya dengan sedikit mengamati apa hobbinya, pekerjaannya, sifatnya dan cara berpakainnya misalnya yang nantinya akan di bahasakan dengan menggunakan bahasa visual.

Berikut hasil karikatur ciptaanku yang masih jauh dari kata sempurna, hahahaha

Semangatki, terus berkarya.. hahaha

0 komentar to “Putar Otak dengan Karikatur”

Posting Komentar

Album foto

www.flickr.com
 

MUYAMPATO Copyright © 2012 -- Template created by the cueks