28 Feb 2012

Belajar Ambigram

,
Awalnya saya ingin mencari referensi Logo di google, saat saya melihat beberapa tipe Logo mata saya terpana ketika melihat tipe logo yang bernama Ambigram. Saya begitu kagum sama tipe logo yang satu ini karena di bolak-balik  bacanya tetap sama. Mulai dari situ saya tertarik untuk mempelajarinya dan membuatnya. Sebelumnya saya mau kasih tahu apa definisi AMBIGRAM, Kalo menurut Wikipedia:

Ambigram adalah desain typografi atau seni yang bisa dibaca sebagai satu kata atau bahkan lebih jika kita melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.

di bolak balik bacanya tetap ambigram
  
Jadi, ambigram itu desain tulisan yang bisa di baca dari sudut yang berbeda. Nah dari definisi itu bisa kita bisa bayangkan kalau membuat Ambigram butuh kreativitas yang tinggi dalam membentuk suatu kata yang bisa di baca walau dari sudut manapun, kalau saya bisa katakan orang yang bisa membuat Ambigram orang-orang yang KEREN: Kreatif dan Energik maksudnya orang yang mempunyai daya imajinasi dan semangat yang tinggi, itu hebatnya Ambigram!!

Dari proses membuat Ambigram ini saya bisa memberi kesimpulan bahwa ciri  Seseorang adalah jika dia melakukan sesuatu maka dia akan tidak akan cepat puas , dia akan tetap berusaha melakukan yang terbaik buat diri sendiri maupun orang lain, dan dari sini seseorang bisa belajar dewasa  karena dengan kita bisa belajar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya, kita tidak akan melakukannya lagi dan membuat kembali tanpa adanya rasa keputus asaan.

Kembali ke laptop... hehehe 

Setelah karya pertamaku saya semakin penasaran akan membuat Ambigram, saya pun membuat yang lebih sulit yaitu menggabungkan huruf dan angka, contoh paling dekat nama angkatan saat masuk kuliah yaitu Exist08.

Ini karya dengan tulisan Exist08:

EXIST08 (excellent communicaion society)
  

Dengan sedikit sombong asal tidak ompong saya membuat Ambigram dengan tingkat kesulitan tinggi yaitu tulisan nama orang yang terdiri dari beberapa kata dan yang menjadi nama percobaanku yaitu IndAh elza PUTRI  Ini temanku yang nge-fans sama Liverpool. Dan hasilnya .. te reng terengggg.... di bawah ini:

Coba di balik bacanya tetap
INdAh
elza
PUTRI

Setelah membuat beberapa karya ambigram, dengan tidak sengaja saya masuk di situs yang menyedia  jasa pembuatan Ambigram , sungguh menyesal diriku karena dengan susah payah  membuat Ambigram ternyata ada cara lebih mudah untung membuatnya dan itu hanya memasukan kata yang kita mau maka secara otomatis akan terlihat hasilnya. Misalnya beberapa Web di bawah ini:



Menurutku kalo menggunakan generator ambigram ini ada tulisan yang bisa dan tidak bisa dan kalo membacanya rada membingungungkan. Jasa menyedia web ini menuntut kita untuk membayarnya, tapi apa salahnya saya mencobanya. Kalo caraku untuk membuatnya dengan menscreenshot atau di foto saja. Setelah kita dapat mentahnya tinggal di olah di corelDraw, misalnya Contoh d bawah ini yang bertuliskan “ArmAs- Alvivi”(mereka adalah sepasang kekasih teman angkatanku)

Pertama kita ambil mentahnya kebetulan saya foto pake handphone ajah...

Armas
                          Armas bacaannya tapi kalo di balik akan menjadi Alvivi 

 
Alvivi

Setelah itu saya edit di corelDraw dan hasil seperti d bawah ini:

Armas-Alvivi

Setelah itu saya bereksperimen lagi dengan menjadikan nama teman-temanku dengan nama pacarnya..

Sigit-icha
Baso-Sifat
Nandita-Riksan

Meriam-Maman
Coba di balik 180 derajat, pasti akan terbentuk nama Pacarnya masing-masing.


Dan karena saya sudah menemukan cara yang mudah untuk membuat Ambigram semangat mendesainku berkurang. Dan sejak sekarang saya sudah tidak membuat Ambigram lagi.  Intinya sebelum menemukan cara yang mudah membuatnya  saya merasa kurang puas akan hasilnya walaupun itu sudah enak dan bisa. Itu bertolak belakang ketika saya membuatnya dengan manual yang butuh proses lama. Itu membuktikan sebuah Proses lebih berharga dari pada hasil, dari proses kita bisa banyak belajar, kalo kita berorientasi pada hasil saja hidup kita akan serba instan.

eur.-garelihaanku, mudah-mudahan sih dia belum lihatuKembali ke laptop...

Saya tertarik atas saran dan nasehat Bagi John Langdon sang pakar dalam pembuatan ambigram. Novel “Angels & Demons” karya Dan Brown telah melambungkan namanya dan ambigram ke seluruh dunia.

berikut ini saran dan nasehatnya:
  1. Nikmati, sabar dan jangan mengharapkan keajaiban (untuk sementara waktu)
Saya menemukan kemungkinan untuk membuat ambigram saat bermain dengan kata. Jika Anda bisa tetap menikmati prosesnya, maka Anda mungkin akan menemukan sesuatu yang lebih baik daripada sekadar ambigram. Mungkin itulah kelebihan Anda.
  1. Mempelajari dan menggambar bentuk-bentuk huruf konvensional
Saat Anda melakukan corat-coret sambil menerima telepon, gambarlah beberapa huruf. Ketika Anda semakin familiar dengan mengetahui, memahami dan menyukai bentuk-bentuk huruf konvensional, maka Anda akan semakin baik menciptakan bentuk-bentuk huruf yang tidak konvensional. Anda akan tahu dengan persis seberapa jauh manipulasi yang perlu dilakukan dan segera menyadari ketika melewati batas.

Ketika kata atau nama yang Anda buat menjadi ambigram ternyata tampak tidak logis, atau hasilnya terlalu sulit untuk dibaca atau tampil sangat buruk, maka jangan menyebutnya sebagai ambigram. Itu adalah sampah dan sebaiknya dibuang saja.


Saat awal-awal mencoba carilah kata-kata yang mudah dan jangan memaksakan diri untuk membuat kata-kata yang sulit. Semakin lama akan semakin banyak kata yang dapat kita olah.
  1. Jangan memaksa ambigram menurut satu jenis font yang telah ditentukan sebelumnya
Saya katakan kepada mereka yang ingin membuat ambigram bahwa bentuk sebuah ambigram hampir 100% ditentukan oleh manipulasi yang diperlukan untuk membuatnya mudah dibaca dan memiliki estetika yang harmonis.
         
         
Semoga tulisanku ini bisa membantu teman-teman yang mau belajar membuat Ambigram, Dan buat yang punya daya kreativitas rendah janganlah mencoba karena itu akan membuat anda stress.  Hahahahaha 

Senang bisa berbagi!!!
x

17 komentar:

  1. mantap gan..
    sayangnya untuk ambigram yang asimetris (yang kalau diputar bacaannya beda), saya coba cari di https://www.wowtattoos.com/wow/generator.php, ga ada pilihannya..

    BalasHapus
  2. sip...mas bro...
    ada referensi tuk belajar ambigram? ato ada forum untuk ambigram

    BalasHapus
  3. wah, keren juga hasilnya ya, kak. bisa dibaca dua arah

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ila, haha, masih perlu dkmbngkan lgi..

      Hapus
  4. jasa pembuatan ambihram murah hanya di : http://kask.us/hoFmI
    kunjungi link di atas yaw

    BalasHapus
  5. jadi inget bro, ane pernah ngasih kado pacar ane pake tulisan ambigram
    butuh perjuangan bgt klo masih belajar, sekalinya udh ketemu itu ada kepuasan tersendiri
    hahaha
    lanjutlkan bro

    BalasHapus
  6. Makasih banyak tipsnya...
    Saya baru tertarik karena bru baca ANGELS & DEMONS dan mau mulai belajar bikin sendiri...
    Hahahaha

    BalasHapus
  7. Gan.. bsa butkan saya ambigram..
    klo ad yang bisa bisa kirim email ke saya aldaizieirsyad@gmail.com add pin 7c9af1b4 atau sms 082177917126 ntr d byr dh pakek plsa makasih

    BalasHapus
  8. apakah masih bisa pesan tulisan ambigram?

    BalasHapus

Album foto

www.flickr.com
 

MUYAMPATO Copyright © 2012 -- Template created by the cueks