4 Okt 2010

Rubik oh Rubik

,
Awalnya benda ini saya liat pertama kali di film The Pursuit Of Happyness , si will smith pemeran dalam fim itu bisa menyelesaikan permainan kotak itu hingga warna di tiap sisi sama, aku begitu terpana melihatnya ,(dengan mata melotot dan mulut terbuka ) dan seketika mulut ku bergerak sendirinya dan mengatakkan ‘KOK bisa YAH?? Masa… ‘KOK bisa DONG??..hehehe
 
Nah , nama dari permainan itu adalah rubik. Rubik ditemukan oleh seorang pemahat dan arsitek dari Hongaria kalo nggak salah namanya Profesor Erno Rubik ,yang dibuat pada tahun 1974,. Rubik adalah mainan teka-teki berbentuk kubus 6 sisi dengan 6 warna berbeda. Permainan ini mengharuskan kita untuk mengumpulkan setiap warna yang sama pada setiap satu sisi. Mungkin itu sedikit sejarah tentang Rubik atau bahasa kerennya History, Ceileh ,Sebagai bangsa Indonesia kita harus menghargai yang namanya Sejarah, nyambung dimana bu??? Indonesia sama rubik..rubiknya ajah di temukan hongaria.indonesia mah kerjanya ikut-ikutan yang lagi nge-trend..,kok jadi ribet begini yah.,saya juga bingung,apa lagi kamu ang bacaini!!ug,apa lagi kamu!! baca ini.h..tambah ngawur ajah,,yang benar adalah Di mainkan.lam.!!

“Permainan rubik begitu di gemari banyak kalangan, orang-orang sangat penasaran, Karena permainan ini menguji tantangan, permainan ini mengutamakan Kecepatan , baik otak maupun tangan, selain itu kita harus belajar sama orang yang sudah berpengalaman ,dan dengan cukup kesabaran ,maka rubik itu akan cukup mudah kita taklukan.”

Rubik itu bisa di katakan seperti cinta,kalo cinta ada yang namanya Cinta Lama Bersemi Kembali (CLBK), nah, kalo Rubik namanya Permainan Lama Muncul Kembali (PLMK). ,hahaha,. Di kampus maupun dikompleks rumah semua orang pada mainin kotak kecil berwarna-warni ini, ternyata orang di rumah juga tertular dengan permainan ini (asal jangan tertular penyakit ) , Om sama tanteku juga sering mainin di depan tv, iseng-iseng sih saya mengambilnya dan merasakannya,ternyata enak juga yah,,hehehe(kayak MAKANAN saja dirasa),bukan di rasa tapi mencoba memainkannya.

Pada Akhirnya rubik begitu dekat dengan saya. Saya pun seperti orang yang punya orientasi seks yang menyimpang ”RubikoSeksual”,hihihi, dia selalu menemani hari-hariku,Saat ku tidur dia selalu bersamaku dan sesekali aku melihatnya dengan penuh pengharapan. Saya berharap supaya warna-warna itu sudah sama dan selaras seutuhnya dibagian atas bawah, kanan kiri dan depan belakang. Namun harapan tetaplah harapan tanpa kerja KERAS dan kerja CERDAS,rubik itu takkan selaras warnanya.

Rubik itu seperti indonesia (lagi-lagi Indonesia dijadikan contoh ,mungkin karena saya orang Indonesia dan harus cinta indonesia,hehehe), Warna putih, merah, biru, orange, hijau dan kuning melambangkan suku-suku yang ada di Indonesia. Suku-suku itu seakan tidak mau menyatu dengan dengan sesamanya dan malah menyatu dengan suku yang berbeda. Kalo boleh saya analisa dari kacamata saya(sok-sok pakekaca mata), melihat fenomena seperti ini saya ambil sisi positifnya saja, mungkin karena semboyan Indonesia adalah Bhineka tunggal ika,yang berarti berbeda-beda kita tetap satu, yaitu Indonesia,begitu juga dengan rubik Berbeda beda warna tetap satu kesatuan yaitu Rubik. Fenomena seperti ini sering kita lihat di masyarakat indonesia , INDONESIA=RUBIK?? nyambung gak sih..!!!.

Itu sedikit awal saya mengenal,menaruh hati dan akhirnya jatuh cinta kepada rubik. Malangnya nasibku,hanya rubik di jadikan pelampiasan cinta,tapi tak apalah namanya juga hidup,. 

Rjr akil itu adalah temanku yang cukup mahir memainkan benda kecil ini, dia orangnya cukup BEKEN di kampus tapi kurang KEREN,. Dengan sedikit jual mahal *asal jangan jual diri* dia bersedia untuk memberi petunjuk sedikit tentainta dia untuk memberi pa ,cuman dia yang bisa sedikit memberi sih gak yakin-yainng rubik , saya sih gak yakin-yakin amat sama kemampuanya , tapi mau di apa ,cuman dia yang bisa sedikit mengajarkanku. Kalo kata orang Makassar hargai tawwa dia!!, trus di balas tuh sama emak2 di pasar, harganya 1 bungkus tomat 2000,., deh akil di samai sama tomat yang hanya di hargai 2000 perak, deh murahnya ,wkwkwk..Piss kil..

Mulailah dia mengajarkan saya,awalnya pengenalan warna-warna yang ada dalam rubik itu. Dengan bahasa makassar yang cukup kental , dia mengatakan:
“orange dibelakang dan merah didepang
Biru di kiri dan hijau ada di sebelah Kanang
kuning di bawah dan di atasnya ada puting.”
Puting??( dengan muka yang So’ Polos)
Kalau orang makassar biasanya mengakhiri sebuah kata yang akhirannya huruf N dengan menambahkan huruf G.Jadi kata depang adalah depan sedangkan kanang adalah kanan. Trus kalo puting adalah putin yah,?? sepengetahuanku warna Putin itu tidak ada..,yang ada adalah warna putih, mungkin maksud dia adalah warna putih.
Bahasanya akil tadi membuatku tambah binggung sampe-sampe kepala ku menjadi pusing ,gara-gara tidak mengerti apa yang namanya puting.

Karena tidak puas dengan apa yang di ajari Rjr akil ,akhirnya saya memutuskan untuk mencari di internet, setelah mensearch di google ,akhirnya saya mendapat penjelasan tentang rubik, Pada dasarnya memang rubik dapat di selesaikan melalui dua cara, yaitu dengan logika dan hafalan. Memang sangat mirip dengan matematika. Cara menyelesaikan rubik juga menggunakan rumus-rumus seperti permutasi, orientasi, dan algoritma. Bedanya yang dipermutasikan adalah warna dan rumusnya berupa gerakan tangan. Setelah lama tak berjumpah dengan yang namanya matematika akhirnya saya berjumpahnya kembali,.. Kangenku, (najis amat!!hueek).

Dengan otak yang cukup standar akhirnya saya mencoba untuk belajar memainkan rubik dengan menggunakan rumus-rumus yang ada. Awalnya sih masih banyak Salah tapi saya tak mau Kalah.,saya terus mencoba, dan akhirnya berhasil menyelesaikannya. 

Saya pun begitu terharu sambil meneteskan air liur, ehh maksudnya air mata , ,saya pun bernyanyi, We are The champions.. We are The champions.. trus datang seorang gadis mengalungkan sebuah medali emas di leher , saya berhasil menjadi atlet olimpiade tanpa tanding., moment –moment yang membuat hidupku menjadi sangat penting , dan seketika suasana menjadi hening , kening saya pun serasa naik ,dan dengan kancing baju yang sudah terbuka, jam weker itu ku banting ,ternyata hanya mimpi. mimpiku pun ter pending, padahal belum di kasih bunga sama gadisnya, serunya lagi mimpiku,,hampir saja saya dengan gadis itu bersanding .

Mimpi hanyalah mimpi, itu adalah bunga tidur yang membuat tidurku semakin berwarna-warni..(mentang-mentang lagi main rubik,tidak lepas dari kata-kata warna-warni),asal jangan pake pakaian warna-warni , nanti dikirain badut yang siap mangung untuk acara ulang tahun anak-anak ,kurang perutnya ajah yang buncitin.

Setelah mimpi itu saya begitu termotivasi untuk menaklukan rubik itu,dengan pedenya saya mengatakan .”jadi juara olimpiade saja bisa,apalagi hanya menaklukkan rubik yang ukurannya sebesar genggaman satu tangan,pake tangan kiri lagi,(sombongku )”. Dengan penuh penantian yang lama saya berhasil menyelesaikannnya (bukan dalam keadaan bermimpi loh).

Awalnya saya memberanikan diri untuk mencoba memainkan kotak yang penuh dengan warna-warni ,dan dengan bantuan Jari-jemari, saya pun mengerakkan sisinya kesana-sini,membolak balik warna ke kanan-kiri, tangan saya terus bergerak seperti orang yang lagi tari-menari, dengan semangat ber Api-api ,tapi tetap berhati-hati ,akhirnya saya BELUM juga bisa menyelesaikan permainan ini yang penuh dengan teka-teki

Karena begitu susah memainkan rubik, saya pun mensearch di google dengan keyword ”Pemain Rubik” yang saya ketik,akhirnya saya pun merubah penampilan menjadi lebih Nyentrik, ala pemain profesional rubik, saya pun mengatur taktik, dengan gaya sok asyik,saya pun mulai mengotak-atik,dan akhirnya saya berhasil menyelesaikannya dengan mengunakan banyak Trik.

Saking dekatku sama rubik, saya membuat puisi spesial untukmu Rubik
......................

Biasa saya memanggilmu dengan sebutan rubik
Kau permainan yang cukup klasik
Permainan yang cukup menarik dan unik
Warna – warnamu sangat cantik
Menyerupai warna batik Yang terdapat dalam butik
Rubik oh rubik
Aku mengambilmu dalam kardus
Dan selalu ku bawa ke kampus
Dengan bentuk seperti kubus
Aku pun menggunakan rumus
Yang terdapat dalam kamus
dan meyusunmu sampai ku mampus
Rubik oh rubik
Memainkanmu sangatng sangat emain profesional cukup berpengalaman, memeras otak
Dengan bentukmu seperti kotak
kamu pun aku acak
Sampai warna-warnanya berlainan Corak
Dengan bantuan seekor katak
Upzz..Maksudnya dengan bantuan orang batak
aku kembali menyusunmu tapi malah kepalaku menjadi botak

.......................

0 komentar to “Rubik oh Rubik”

Posting Komentar

Album foto

www.flickr.com
 

MUYAMPATO Copyright © 2012 -- Template created by the cueks